Dapat rekomendasi tempat makan ini dari seorang teman. Lokasinya padahal di pinggir jalan raya. Sudah berkali-kali pula lewatin tempat makan satu ini, tapi gak pernah sadar ada warung iga babi bakar. maklum papan namanya gak terlalu besar (cari alasan.. hehehe… )

Terima rekomendasi sebagai tempat pork ribs yang rasanya enak, namun dengan harga terjangkau. Kriteria yang selalu berhasil membuat kami penasaran.

Dan nama tempat itu adalah Iga Babi Bakar Permana (dari investigasi yang kami lakukan, sepertinya dulu namanya adalah Permana Pork Ribs). Ada cukup banyak menu yang ditawarkan. Iga Babi Bakar Tulang Muda, Pork Chop, Crispy Pork Belly, Sate Plecing, Sosis Babi Bakar, Urutan Ayam (semacam sosis khas Bali), Ayam Bakar, Kikil Bakar, Kuah Baliung.

Yang saya lihat berbeda antara Pork Ribs di beberapa tempat lain seperti Naughty Nuri’s, Hog Wild, dan semacamnya, di sini banyak yang menikmati Iga Bakar Babi dengan Nasi Putih. Indonesia banget dah. Pake tangan lebih enak.. hehehe.. tapi kalau yang mau makan dengan french fries alias kentang goreng, ada juga koq.

Lalu yang jadi ciri khas adalah sambal yang disediakan untuk mendampingi menu yang ada. Sambal Tomat alias sambal tempong/ sambal ndadak/ sambal mentah bikin rasanya makin Indonesia. Ada beberapa level kepedasan yang bisa dipilih.
– Lalah Biase
– Lalah Sajan
– Lalah Ngerepet

Kami coba pesan Lalah Sajan, dan ini pas buat yang suka pedas. (bukan yang jago pedas ya.. klo yg kuat pedas, silakan pesan level yg lebih tinggi) di level Sajan ini, sambal sudah terasa pedas, tapi pedasnya masih bisa dinikmati. jadi buat kami ini level yang paling pas.

Iga Babi Bakar
Iga Babi Bakar Super Tulang Muda – IDR 40k

3 Racks of Pork Ribs. ada 2 ukuran Iga Babi Bakar, yang harga 30 ribu dan 40 ribu. Penyajiannya ala lalapan. Rasa bumbunya cukup enak, cukup meresap ke dalam dagingnya. Dagingnya empuk dan cukup juicy. Dimakan dengan sambal tomat, rasanya agak unik. Enak. apalagi kalau pakai nasi. Mmm….

Pork Chop
Pork Chop – IDR 30k

Pork Chop, salah satu potongan daging babi yang sering dipakai juga untuk steak. Rasa bumbu bakarnya sama dengan bumbu Iga Bakarnya. Hanya saja entah kenapa bumbunya kurang meresap seperti Iga Bakarnya. dan satu hal yang mengecewakan, dagingnya terlalu kering, too much overcooked. You can even see from the picture how dry the meat is.

Crispy Pork Belly
Crispy Pork Belly – IDR 50k

Crispy Pork Belly. The portion is big. love the fat content, but again, it’s too dry. gorengnya terlalu kering sehingga bagian dagingnya sebagian kering, sebagian crispy, sebagian keras.

Anyway, overall, Sambalnya enak, apalagi ditambah jeruk nipis dan sedikit kecap manis, makin sedap.. Iga Babi Bakarnya empuk dan enak. Pork Chop dan Pork Belly terlalu kering. Waktu penyajian cukup cepat.

After this first visit, kami akan kembali lagi mencoba menu lainnya and their pork belly AGAIN. (mau coba apa bisa gak minta digoreng tidak terlalu kering. hehehe…)
So, tunggu review kami berikutnya yach..

(Okta & Ellys)

============================
IGA BABI BAKAR PERMANA
Jl. Teuku Umar Barat (Marlboro Barat) No.407,
Padang Sambian Klod, Denpasar Barat
(seberang BNI)

Telp: 0819-1610-2776

Opening hours:
Senin-Sabtu pk 10.00 – 21.00
Minggu pk 10.00 – 19.00