Melewati Sunset Road di malam hari, kami bingung mau makan apa. Coba aja deh mencari makan di sekitaran Jl. Dewi Sri yang memang banyak pilihan tempat makan. Eh, liat ada Restoran dengan nama Sop Konro Karebosi Baru. Sempat terlewat, kami pun memutar balik kendaraan. Tidak perlu terlalu lama memang untuk memutuskan makan malam di tempat yang satu ini. Karena di Jakarta, Sop Konro yg berasal dari Makassar sejak tahun 1968 ini pun cukup terkenal. Lagipula konro memang salah satu makanan yang kami suka.

Lokasi nya ada di jl. Dewi Sri I. Jadi kalau dari arah Sunset Road, menuju Jl. Dewi Sri, ada perempatan pertama langsung belok kiri. Letaknya di kiri jalan. Dari perempatan tersebut sebenarnya sudah akan kelihatan papan nama restoran Sop Konro Karebosi Baru.

Sop Konro Karebosi Baru - Exterior View
SKK Bali – Exterior View

Sampai di depan restoran, ada banyak papan bunga ucapan selamat atas pembukaan Restoran Sop Konro Karebosi (alias SKK). Ternyata hari itu tepat hari pertama pembukaan resto yg satu ini. Wah, makin semangat untuk nyobain. Siapa tau ada promo, atau bahkan gratis?? hehehe.. ngarep.com

Begitu masuk, kami pun di sapa oleh seorang karyawan yang menanyakan apakah kami undangan atau tamu umum. Ya, karena memang nggak bawa undangan, mau apa lagi, kami menjawab apa adanya. kami pun diarahkan untuk duduk di salah satu meja. Sayang, hari itu bagi undangan bisa makan gratis, tapi kami terpaksa harus membayar penuh.. hikss. bahkan tidak ada diskon untuk pembukaan hari pertama…

Okay, stop bersedih, mari kita nikmati saja makanan yang ada. 🙂

Tanpa berlama-lama, kami memesan seporsi Sop Konro dan seporsi Konro Bakar, dan tentunya dengan 2 porsi Nasi Putih.
And here we go,

Sop Konro Karebosi
Sop Konro Karebosi Baru – 55k

Sop Konro Karebosi
From the name, you will know that this is their signature dish of course.
Begitu disajikan, seorang bapak (yang kami pikir mungkin pemiliknya) memberi sebuah saran kepada kami. “Maaf, kalau boleh saran, makan konro itu lebih enak kalau di tambah sedikit kecap manis dan pakai jeruk nipis”.
Thanks pak, that’s a good suggestion on how to enjoy Sop Konro. What a precious advice.

Memang benar, Sop Konro nya terasa kuat rempahnya dan aromatic, tapi buat saya memang sedikit kurang manis, sehingga setelah sedikit kecap manis ditambahkan, baru rasanya balance dan benar2 menggugah selera. tambahan jeruk nipis pun membuat kuah terasa segar dan bikin kepingin tambah terus. 🙂
Kalau suka pedas, silakan tambahkan sambal. Tapi hati2 ya, sambalnya pedasss.. tambahkan sedikit-sedikit.

Dagingnya cukup empuk. Overall, kami beri nilai 8.5 dari 10.

Konro Bakar
Konro Bakar Karebosi – 60k

Konro Bakar
Konro Bakar disajikan dengan bumbu kacang (seperti bumbu sate ayam madura) dan kuah Sop Konro secara terpisah. Dagingnya empuk, tingkat kematangan baik, dan juicy. Sayangnya bumbu terasa kurang meresap ke dalam iga.

Sebagai penutup kami memesan Es Palu Butung, dessert khas makassar.

Es Palu Butung
Es Palu Butung – 25k

Es yang satu ini memang mirip dengan Es Pisang Ijo, bedanya, tidak ada kulit berwarna hijau yang melapisi pisangnya.
Untuk dessert yang satu ini, kami sedikit kurang puas. Pisangnya enak, namun sayang vla / bubur sum-sumnya kurang gurih dan sirupnya terasa kurang manis.

 

Masih ada beberapa menu lainnya yg belum kami coba, karena hari itu juga memang belum semua menu tersedia. 🙂

So, next kami akan datang kembali untuk mencoba menu lainnya. Nantikan cerita kami berikutnya. (Okta & Ellys)

 

 

 

Advertisements