Kali ini saya mau cerita pengalaman makan kami di salah satu warung makan khas Bali yang paling populer. Warung Nasi Ayam Bu Oki.

Awalnya nggak kepikiran sama sekali untuk pergi makan ke sini. Kami merencanakan untuk bepergian menuju Pantai Pandawa yang terletak di Desa Kutuh, sebuah daerah di Bali Selatan. Aksesnya melalui Uluwatu, Jimbaran.

Rencana semula, kami ingin menikmati sunset di Pantai Pandawa tersebut, tapi mungkin karena saking semangatnya (atau mungkin saking nggak ada kerjaan), kami sudah berangkat dari Denpasar sekitar pukul 12.00 siang. Alhasil di tengah perjalanan kami berpikir, masa iya kami mau menunggu sunset sampai sekitar 5 jam lebih? Akhirnya kami coba mencari tujuan lain sebelum ke Pantai Pandawa.

Ya, kalau mencari tempat tujuan, selalu saja pikiran kami adalah tempat makan. Hehehehe.. Setelah bepikir keras, akhirnya kami putuskan menuju Warung Nasi Ayam Bu Oki yang terletak di Jl. Celagi Basur 3Y, Jimbaran. Jadi, kalau kamu datang dari arah Jimbaran (Jl. Raya Uluwatu), menuju selatan, sampai ketemu lampu merah Uluwatu (di mana persimpangan ini sering buat orang bingung) ambil arah ke kiri memasuki Jl. Uluwatu II. Ikuti jalan saja, setelah melewati Jenggala Keramik, kamu akan lihat papan penunjuk arah Warung Nasi Ayam Bu Oki di sisi kiri jalan, tapi mengarahkan kamu untuk belok kanan, masuk ke jalan Celagi Basur, Perumahan Puri Jimbaran. Ikuti jalan dan tidak lama setelah itu, kamu akan bisa melihat Warung Nasi Ayam Ibu Oki di sisi kiri jalan.

CATATAN: Kalau kamu bawa mobil, maka lurus terus saja, nanti akan ada lahan parkir khusus bagi pengunjung Warung Nasi Ayam Bu Oki.

Sampai di sini, kami langsung mencari tempat duduk. karena kami datang bersembilan, tentu saja tempatnya tidak cukup. Jadi kami harus menunggu beberapa pelanggan lain selesai makan sebelum kami merebut tempat duduk mereka. hehehe.. Maklum, kami datang pada saat jam makan siang, dan Warung Nasi Ayam Bu Oki memang selalu ramai.

Menu yang dipesan gampang saja, Nasi Campur Ayam. Sesuai namanya, yang dijual memang hanya ini. Hanya 2 pilihan, pedas atau biasa. Tapi kalau memang ada yang kamu suka atau tidak suka, kamu bisa pilih sayur dan lauknya. Ah, tapi buat kami mudah saja, semuanya Nasi Campur, Pedas.. hehehe..

Nasi Campur Ayam Bu Oki
Nasi Campur Ayam Pedas Bu Oki

Seporsi Nasi Campur Ayam, isi nya terdiri dari Ayam goreng, Ayam Suwir, Sate Lilit, Ati Ampela, Lawar Kacang Panjang, Kacang Tanah Goreng, Tum (Sejenis Pepes) dan tentunya Nasi. Lalu untuk yang pedas, disiram dengan bumbu kuah pedas.

Soal rasa, menurut kami Nasi Ayam Bu Oki ini adalah salah satu Nasi Campur Bali yang paling enak. Semua bumbunya pas. Gurih, Asin, Manis dan Pedasnya berpadu seimbang. Bumbunya juga meresap dalam bahan-bahan masakan seperti daging ayam dan telur. Dan bumbu pedasnya ini yang menjadikan Nasi Ayam Bu Oki terasa spesial.

Di satu sisi, Nasi Ayam Bu Oki memang terkenal dengan pedasnya. Tapi buat penggemar masakan pedas seperti kami, rasa pedasnya belum seberapa. Kalau untuk Ellys, yang memang jago makan pedas, mungkin dikategorikan biasa saja. Tapi buat Okta yang tidak terlalu suka makanan yang terlalu pedas, Nasi Ayam Bu Oki pedasnya Passs… terasa pedas, tapi ngak bikin nikmatnya makanan hilang karena terlalu pedas.

Satu porsi Nasi Ayam Bu Oki yang Enak dan mengenyangkan ini dijual seharga sekitar 25 ribu rupiah. Kenapa sekitar? Satu, karena bisa saja berbeda kalau pengunjung memilih lauknya. Kedua, karena kami memang nggak ingat secara pasti harganya. Karena terlalu sibuk menikmati rasa puas setelah makan, akhirnya kami bayar tanpa hitung2an. hehehe..

Oh ya, yang gak boleh kelewatan neh buat kalian pecinta rasa pedas. Setelah makan Nasi Ayam Pedas, enaknya minum yang segar-segar pedas. Hehehe.. Warung Nasi Ayam Bu Oki punya minuman yang mungkin jarang kalian coba. “Es Kelapa Pedas”.

Es Kelapa Pedas

Ya, Es Kelapa Muda ditambah cabai yang di “muddle” alias di “uleg”

Rasanya cukup unik. seperti rujak??    🙂

Pokoknya enak banget diminum di siang hari.

Nah, pokoknya, Warung Nasi Ayam Bu Oki, recommended banget buat kalian yang suka dengan masakan INDONESIA.

Paling nggak, buat teman2 kami di Bali dan Jakarta, Nasi Ayam Bu Oki sudah terbukti cocok di lidah mereka.

Jadi, ingat2 ya, kalau kalian punya rencana jalan-jalan di Bali, jangan lupa cobain makan di warung yang satu ini. Worth to try. Buat kami, this is one of the food that you have to try at least once in a lifetime. Kalau kalian ke Bali, pastikan sudah pernah coba makan Nasi Ayam Bu Oki. Logika sederhana: Tempatnya biasa saja, tapi selalu ramai, jadi apalagi alasannya kalau bukan karena rasa makanannya.

Habis makan, mendapat semangat baru, kami kembali melanjutkan perjalanan. Tunggu cerita kami berikutnya ya. (Okta & Ellys)

NB: Selain di Jimbaran, Warung Nasi Ayam Bu Oki juga punya cabang di Nusa Dua dan Kuta. 

Advertisements